Delapan Oasis di Kota Melbourne

16:00 Unknown 2 Comments

Siang itu, rencananya saya akan berjelajah di tengah kota dan berbelanja beberapa barang yang saya perlukan. Tetapi ternyata saya salah naik trem dan ujungnya 'terpeleset' ke satu taman yang sangat indah. Saya baru tahu, ternyata tersesat sedikit di kota ini bisa mendapatkan penyegaran, seperti menemukan oasis di tengah gurun.

1. Fitzroy Garden

Daun berguguran di Fitzroy Gardens

Karena saya hanya seorang diri dan enggak punya tujuan yang jelas, akhirnya saya memutuskan untuk mengelilingi taman sambil mengambil beberapa foto untuk dibawa pulang. Saya enggak nyangka, ternyata tamannya sangat luas. Taman ini bernama Fitzroy Gardens. Meskipun lama-lama saya merasa lelah, tetapi langkah kaki saya terus bertambah. 

Cuaca yang mendukung ditambah semilir angin segar membuat saya terlena dalam pelukan dedaunan yang mulai berguguran. Musim gugur ternyata sudah menampakkan batang hidungnya. Saya pun sangat bersemangat. Ini pengalaman pertama saya bertemu musim gugur.


Coba kalau jalan-jalan di tamannya enggak sendirian..

Ada keuntungan tersendiri datang ke sini saat musim gugur. Dedaunan yang berjatuhan ternyata bikin hasil foto lebih menarik :D


Bagian lain dari Fitzroy Gardens

Kehausan saya untuk menikmati rerumputan hijau dan segar di taman bersejarah ini pun terpenuhi. Saya seketika lupa dengan rencana saya sebelumnya untuk berbelanja. Fitzroy Gardens telah menghipnotis saya! Taman yang mulai dikembangkan sejak tahun 1848 ini terletak di 230-298 Wellington Parade, East Melbourne. Di sini ada banyak pepohonan rindang dari yang pendek sampai yang sangat tinggi, bunga-bunga, air mancur, bangunan konservasi, dan juga the Fairies' tree.  Dan yang paling terkenal ada Captain Cook's Cottage. Ternyata, kalau ingin tur gratis di taman ini, kita bisa datang pada hari Sabtu jam 10 pagi. Jangan heran kita masih bisa menemukan banyak spot kosong meskipun banyak orang lalu lalang dan bersantai di taman ini. Taman ini luas banget! 

2. Treasury Gardens

Jalan yang cantik di Treasury Gardens saat musim gugur

Di seberang Fitzroy Gardens, ada Treasury Gardens yang juga wajib dikunjungi. Saya jadi teringat saat pertama kali berkunjung ke taman ini saat musim panas. Pepohonan yang rindang benar-benar jadi pemandangan yang menyejukkan. Taman ini berlokasi di 2-18 Spring Street East Melbourne. Meskipun enggak seluas tetangganya, tetapi Treasury Gardens lebih mudah dijangkau karena tepat di pinggir jalan raya dan masih ada di zona gratis trem. Taman ini ada di sebelah gedung parlemen dan Old Treasury Buildings juga State Offices. Acara-acara komunitas sering diadakan di sini. Kalau mau uji nyali, coba malam-malam ke sini. Katanya bisa liat possum lucu yang coba main petak umpet, tapi saya belum coba nih. Penasaran! 

Bersih!
Bagian lain Treasury Gardens pada musim panas

3. Parliament Gardens

Air mancur di Parliament Gardens
Jalan sedikit ke arah utara ada Parliament Gardens. Taman ini terletak di 489-531 Albert Street, East Melbourne. Pertama kali saya ke sini juga karena ketidaksengajaan. Parliament gardens tidak terlalu besar, tetapi boleh dicoba untuk ngobrol-ngobrol bersama teman atau pun main di pancuran air sambil foto-foto. Kalau enggak ada kerjaan sih bisa juga sambil basah-basahan :))

Burung-burung di Parliament Gardens

 4. The Queen Victoria Gardens


Sepasang orang tua sedang bercengkrama di The Queen Victoria Gardens

Selain Fitzroy, Treasury Gardens, dan juga Parliament Gardens ada banyak taman lain di Melbourne yang mampu membuat saya enggak sadar ternyata leha-leha itu penting untuk menyegarkan pikiran. Taman-taman ini bisa juga dipakai untuk berolahraga pastinya. Seperti The Queen Victoria Gardens, yang terletak di jalan St Kilda, sering digunakan oleh masyarakat sekitar untuk rehat dari hiruk pikuk kota. Mungkin karena letaknya yang tidak jauh dari gedung perkantoran, di taman ini pun banyak ditemukan mas-mas dan mbak-mbak kece yang kabur sejenak dari kerjaannya. 

Makan siang pun jadi!

Bisa juga berolahraga di taman ini.

5. Alexandra Gardens

Alexandra Gardens, favorit semua orang saat musim panas.
Enggak jauh dari The Queen Victoria Gardens, ada juga taman lain yang asik untuk didatangi, yaitu Alexandra Gardens. Alexandra Gardens berada di sisi selatan sungai Yarra. Taman yang juga ada di jalan St. Kilda ini mulai dikembangkan pada tahun 1904. Taman ini jadi salah satu taman yang populer dan sering diandalkan untuk bersantai. Apalagi saat ada festival di sekitar sungai Yarra, semua orang tumpah ke taman ini. 

Orang lain berdua lah saya...

6.  Carlton Gardens

Royal Exhibition Building di Carlton Gardens

Masuk lagi ke tengah kota, kita bisa terpeleset di Carlton Gardens. Carlton Gardens ada di 1-111 Carlton Street. Kita juga bisa sekalian mengelilingi Royal Exhibition Building yang terkenal di Melbourne sebagai tempat yang biasa digunakan untuk pameran-pameran. Baik itu Carlton Gardens atau pun Royal Exhibition Building, dua-duanya sangat cantik. Enggak heran kalau keduanya dijadikan sebagai salah satu bagian dari World Heritage. Di samping taman ini ada juga Melbourne Museum dan area sosialisasi warga kota.

Banyak bunga-bunga!

Trapped in the heaps of daisy :D

Carlton Gardens pada musim dingin

7. Flagstaff Gardens


Flagstaff Gardens pada musim panas

Tidak jauh dari Carlton Gardens ada juga Flagstaff Gardens. Taman ini terletak di 309-311 William Street, West Melbourne. Tanpa diduga dan dikira, dibawah taman ini ada stasiun kereta loh! Jadi kalau mau ke taman ini bisa pakai trem, jalan kaki, atau pun naik kereta. Mulai dikembangkan dari tahun 1862, Flagstaff Gardens pun sekarang berkembang jadi salah satu taman favorit bagi Melbournian. Apalagi karena taman kota ini mudah dijangkau darimana saja,  para pekerja kantoran bisa ke sini untuk sekedar menikmati makan siang. Di akhir minggu, jangan heran kalau Flagstaff Gardens sangat ramai. Orang-orang gratis menggunakan taman ini untuk  barbie alias barbecue, piknik keluarga atau pun pesta ulang tahun dan lainnya. 

Syukuran teman di Flagstaff Gardens

Tepat di tengah kota.

Perayaan ulang tahun di taman.

Arena bermain anak-anak di Flagstaff Gardens

8. University Square

Quidditch!
Selain taman-taman itu, ada juga taman yang enggak sengaja saya kunjungi dan ternyata taman tersebut menyimpan sihir! Taman ini adalah University Square, yang terletak di dalam area Universitas Melbourne. Kebayang deh kalau jadi mahasiswa di sini asiknya kayak apa. Ngerjain tugas sambil selonjoran tanpa harus enggak enak diliatin orang. Kalau haus dan gak bawa minum bisa jalan dikit ke water tap.. gratis!  Enggak perlu beli minuman botol di minimart.

Duduk-duduk santai

Free watertap!

Pertunjukkan musik gratis di taman

Hmmm... enggak terasa beberapa taman hits di Melbourne sudah saya bagikan di sini. Masih ada beberapa taman luas yang lainnya yang belum saya datangi. Mudah-mudahan saya bisa berkeliling di sana secepatnya. Melbournian sungguh beruntung memiliki banyak pilihan taman kota. Semoga kota-kota di tanah air pun bisa tertular membangun dan menjaga lebih banyak area hijau untuk masyarakat. Senang rasanya lihat di media sosial penggunaan taman kota di kota-kota besar, termasuk Bandung tentunya, mulai dioptimalkan. Mudah-mudahan indeks kebahagiaan kita juga bisa meningkat seiring dengan adanya banyak taman-taman sebagai salah satu ruang publik yang menyegarkan.

Kiss,
-P

2 comments:

  1. Tamannya bagus2 semua ya Mba, jadi pengen ke Oz XD

    ReplyDelete
  2. Iya bikin betah.. bersih-bersih hehehe yukkk sini

    ReplyDelete

Instagram Snaps

www.piazakiyah.com. Powered by Blogger.